Sunday, January 27, 2013

Pilih Jurusan Seni? Siapkan Portofolio!


JAKARTA - Proses pendaftaran SNMPTN 2013 sudah memasuki tahap pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Setelah PDSS, tahap selanjutnya yaitu pendaftaran yang akan dimulai tanggal 1 Februari 2013-8 Maret 2013. Dalam tahap ini, proses seleksi tidak hanya dilihat dari nilai akademis yang baik, melainkan juga dilihat dari minat, bakat, kemampuan dan pengalaman siswa terkait bidang seni.

Bagi calon pendaftar yang memiliki minat di bidang seni, dapat mengambil program studi yang berhubungan dengan Ilmu Seni, antara lain: seni rupa (termasuk pendidikan seni), desain (termasuk desain produk, dkv, desain interior, animasi/media digital), kriya (termasuk kriya kulit, logam, tekstil), media rekam, dan seni pertunjukan (musik, tari, drama). Mereka juga harus memenuhi syarat untuk mengunggah portofolio dalam mengikuti seleksi dari minat dan bakat ini. Demikian seperti dikutip dari laman resmi SNMPTN 2013, Selasa (1/1/2013).

Bidang seni rupa

Portofolio (1) yang berisi kumpulan lima karya seni rupa dan desain terbaik yang secara orisinil dibuat oleh siswa, baik yang berbentuk 2D (lukisan, gambar, sketsa, ilustrasi, cetak grafis, animasi) maupun 3D (patung, mural, kriya, keramik)

Portofolio (2) yang berisi:
- Satu buah gambar komposisi benda (still life drawing), figur manusia/hewan (figure drawing), atau potret diri (self-portrait)
- Satu buah gambar suasana/kejadian yang melibatkan manusia dalam lingkungannya seperti gambar suasana pasar, pertandingan olahraga, atau pertunjukkan musik

Karya tambahan yang berisi minimal tiga karya tambahan berupa karya seni rupa (dan desain) baik berupa 2D maupun 3D.

Bidang Seni Tari

Portofolio yang berisi minimal dua buah rekaman yang menunjukkan kemampuan menari (bentuk audio visual durasi dua hingga tiga menit)
- Video rekaman yang menunjukkan kemampuan menari tradisi (aspek wiraga, wirama, wirasa)
- Video rekaman yang menunjukkan kemampuan menari kreasi baru (judul, sinopsis, sumber acuan, pola lantai, desain kostum, dan ilustrasi musik)

Bidang Seni Musik

Portofolio yang berisi dua hal sebagai berikut:
- Satu buah rekaman audio visual siswa menyajikan satu buah lagu wajib/nasional/daerah tanpa diiringi musik
- Satu buah rekaman audio visual siswa memainkan satu buah karya musik bebas (standar atau popular) durasi tiga hingga lima menit dengan menggunakan instrumen musik dan/atau vokal dengan iringan.


Berikut jadwal pelaksanaan SNMPTN 2013:
Pengisian PDSS : 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester
Pendaftaran : 1 Februari – 8 Maret 2013
Proses Seleksi : 9 Maret – 27 Mei 2013
Pengumuman Hasil Seleksi : 28 Mei 2013
Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi : 11-12 Juni 2013

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang tata cara mengikuti SNMPTN, Anda dapat mengunjungi situs resminya http://snmptn.ac.id.(rfa)

Sumber

Related Post | Artikel Terkait



Get this widget [ Here ]

No comments:

Post a Comment