Thursday, May 31, 2012

Kampanye Nasional "Diet Kantong Plastik"


Kantong plastik atau tas plastik adalah kantong pembungkus yang dibuat dari plastik (poliolefin atau polivinil klorida). Kantong plastik digunakan untuk memuat dan membawa barang konsumsi. Sejak ditemukannya bahan baku plastik pada abad ke 19 penggunaan plastik sebagai bahan pendukung aktivitas pemenuhan kebutuhan hidup secara terus menerus dikembangkan. Penggunaan plastic mewarnai hampir di setiap lini kehidupan. Mulai dari matrial pendukung alat berat seperti kendaraan sampai dengan matrial pendukung yang paling sederhana seperti kantong plastik.

Dapat dibayangkan setiap orang yang tinggal di Jakarta rata-rata menghasilkan sampah 0,8Kg/hari di kali dengan jumlah warga DKI Jakarta dan sekitarnya rata-rata mencapai 8500 Juta Jiwa (data penduduk tetap DKI Jakarta yang memiliki dan yang tidak memiliki KTP), dari jumlah sampah per hari tersebut di kali dengan jumlah penduduk, maka jumlah sampah per hari DKI Jakarta mencapai 6.800 ton/hari. Dengan tidak terkendalinya permasalahan sampah serta penggunaan plastik sebagai matrial pendukung kehidupan telah menyebabkan jumlah Sampah plastik yang bertebaran di mana-mana, merusak pemandangan, menyebabkan drainase tersumbat sampai dengan mengeluarkan racun yang membahayakan kesehatan manusia dan mahluk hidup lainnya.

Diet Kantong Plastik adalah sebuah kampanye untuk mengajak masyarakat bijak dalam menggunakan kantong plastik, agar timbunan sampah plastik dapat berkurang. Sebagai bentuk dari kelanjutan program Diet Kantong Plastik (DKP) yang telah dijalankan sejak tahun 2010, di tahun 2012 ini Greenaration Indonesia membuat aksi masal untuk melanjutkan kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik. Aksi ini diberi nama 'HEADBAG Mob' dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

HEADBAG Mob akan dilakukan di 7 kota yang pada kali ini akan dilakukan di Jakarta pada Minggu 27 Mei 2012, bertempat di Panggung Utama acara HBKB (Hari Bebas kendaraan Bermotor – car free day) pada pukul 06.30 - 08.30 WIB. Dalam aksi ini, mengajak masyarakat untuk menukarkan dua buah kresek dengan satu baGoes, produk tas pakai ulang Greeneration Indonesia, yang akan dihias/digambar secara bebas. baGoes yang telah digambar akan dikenakan di kepala masing-masing lalu secara beramai-ramai melakukan konvoi (long-march) start dari panggung utama menuju Bundaran HI lalu kembali lagi Menuju panggung utama HBKB. Aksi konvoi dengan mengenakan baGoes di kepala merupakan simbolisasi dari 'pembenaman' pemikiran pada setiap orang untuk membawa tas belanja sendiri, karena dari riset yang telah dilakukan oleh GI pada tahun 2009, sebanyak 73% masyarakat telah memiliki tas yang dapat digunakan berulang kali sebagai pengganti kantong plastik, namun 79% dari mereka tidak membawanya pada saat berbelanja. Alasan mereka tidak membawa tas belanja tersebut 63% Lupa dan 15% Malas.

Sedang, kantong kresek yang terkumpul akan dijadikan sebuah instalasi untuk memperlihatkan banyaknya jumlah sampah plastik yang dibuang ke lingkungan. Menurut riset yang GI lakukan di tahun yang sama 1 Orang / tahun menghasilkan sampah 700 kantong plastik. Harapan dari aksi ini adalah terciptanya perilaku bijak dalam menggunakan tas pakai ulang (reusable bag) agar jumlah sampah plastik yang dihasilkan dapat berkurang secara signifikan.

Aksi ini terlaksana atas kerja sama :

Greeneration Indonesia, Green Student Movement – WALHI Jakarta, Eksekutif Nasional WALHI dan komunitas Earth Hour Indonesia. HEADBAG Mob juga didukung oleh Maicih #1coin1leaf, Yahoo Indonesia, J&C Cookies, E-Idea Competition British Council & LRQA, Green Radio, House The House, dan Pers Trisakti LPM-KJB.

walhi.or.id

Related Post | Artikel Terkait



Get this widget [ Here ]

No comments:

Post a Comment